Kamis, 27 Oktober 2016

Tugas 2 : Review Buku Manajemen Proyek

Prosedur Proyek
Konsep dan Implementasi
Review Buku Manajemen Proyek
Disusun untuk memenuhi mata kuliah Softskill
Pelajaran Manajemen Proyek dan Resiko
Yang dibina oleh Moh. Ega Elman Miska
Oleh
SUTRIATNA


Universitas Gunadarma
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Jurusan Sistem Komputer
2016


  1. IDENTITAS

Judul buku             :  Manajemen Proyek :
    Konsep dan Implementasi
Penulis                   :  Budi Santosa
Penerbit                  :  Graha Ilmu
Cetakan                  :  Edisi Pertama 2009
Jumlah Halaman    :  xiv, 252


  1. PENDAHULUAN

Buku yang ditulis oleh Budi Santosa merupakan edisi pertama. Buku ini disusun dengan tujuan utama menyediakan buku alternatif yang mudah dipahami oleh pembaca yang sedang mempelajari manajemen proyek.

Makalah singkat ini berusaha untuk memberikan gambaran kepada si pembaca untuk lebih efisien dan efektif dalam mengelola kerangka proyek atau penerapan manajemen proyek secara benar. Selain itu Budi Santosa memberikan sedikit contoh dalam mengelola manajemen proyek dengan benar yaitu dengan cara setiap pembuatan suatu proyek harus melakukan suatu corporate plan (Rencana Strategis).

  • Ringkasan Bab
Edisi pertama dari buku Budi Santosa mengenai manajemen proyek dalam konsep dan implementasi ini terdiri atas 14 bab. Keempat belas bab dalam buku Budi Santosa adalah sebagai berikut    :
  • Bab 1    : Konsep dan pengertian
  • Bab 2    : Siklus Hidup Proyek
  • Bab 3    : Organisasi Proyek
  • Bab 4    : Tim Proyek
  • Bab 5    : Perencanaan Proyek
  • Bab 6    : Penjadwalan Proyek
  • Bab 7    : Minimasi Biaya dan Alokasi Sumberdaya
  • Bab 8    : Estimasi Biaya dan Penganggaran
  • Bab 9    : Pengendalian Proyek
  • Bab 10    : Evaluasi,Audit,Pelaporan,dan Penyelesaian Proyek
  • Bab 11    : Pemilihan Proyek
  • Bab 12    : Mengelola Konflik dalam Proyek
  • Bab 13    : Manajemen Risiko Proyek
  • Bab 14    : Critical Chain Project Management
Adapun uraian singkat dari masing-masing bab yaitu, karena yang di review hanya 3 bab saja maka hanya akan disajikan uraian ketiga bab tersebut, sebagai berikut    :
Bab 2 :         Siklus Hidup Proyek, dalam bab ini Budi Santosa (2009:2-16) Membahas tentang perkembangan produk yang biasanya diawali dengan riset perkembangan,pembuatan desain,pengenalan ke pasar, pertumbuhan,matang, penurunan sampai produk tersebut mencapai tahap mati dan tidak diproduksi lagi. Dalam bab ini dapat mengetahui bagaimana siklus hidup proyek dan pola atau tahap-tahap proyek, secara garis besar tahap-tahap proyek dibagi menjadi : Tahap Konsepsi, Tahap Perencana,Tahap Eksekusi,dan Tahap Operasi. Lalu dijelaskan pula tahap Konsepsi, secara umum konsepsi dibagi menjadi 2 yaitu yang pertama Inisiasi proyek, menjelaskan tentang tujuan penyelesaian masalah dimana suatu ide tentang proyek dikemukakan lalu ditentukan dan dicari solusi yang mungkin terjadi. Yang kedua yaitu Kelayakan proyek, menjelaskan tentang proses investigasi terhadap masalah dan mengembangkan solusi tersebut secara lebih detail. Karena menguntungkan secara ekonomis dan sangat bermanfaat. Lalu bab ini menjelaskan mengenai Permintaan Proposal, Proposal Proyek  terdiri dari surat pengantar, ringkasan eksekutif,dan bagian teknis. Manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh, jadwal,bagian keuangan,bagian legal,kualifikasi manajemen, lalu bab ini yang terakhir menjelaskan tentang pemilihan proposal. Yang menjadi persoalan tentang siklus hidup produk adalah bagaimana cara manajer menjalankan proyek dengan baik dan benar.

Bab 3 :        Organisasi Proyek. Dalam bab ini Budi Santosa (2009:30) membahas tentang struktur organisasi yaitu pengkhususan atau spesialisasi pada bidang tersebut. Menurut Budi Santosa ada beberapa penyusunan struktur organisasi yaitu berdasarkan produk, berdasarkan lokasi,berdasarkan pelanggan,dan berdasarkan fungsi. Dalam bab ini pun proyek sebagai bagian dari organisasi fungsional, lalu organisasi proyek murni,organisasi proyek matriks, dan memilih bentuk organisasi proyek.

Bab 4 :        Tim Proyek. Dalam bab ini Budi Santosa (2009:) mengulas tentang semua personil yang tergabung dalam organisasi pengelola proyek. Ada personil fungsional dari organisasi induk,ada juga personil yang menjadi inti dari tim. Dalam bab ini pun mambahas tentang beberapa jabatan penting dalam project officer selain manajer proyek (MP) yaitu membahas mengenai manajer proyek , Tanggung jawab manajer proyek, Kompetensi dan Orientasi Manajer Proyek,dan Memilih Manajer Proyek yang terdiri dari Karakteristik Personal,Keterampilan Perilaku,Keterampilan Bisnis,dan Kemapuan Teknis. Anggota Tim Proyek,dan peran lain diluar tim proyek.

  1. REVIEW KRITIS

Berdasarkan hasil pembahasan mengenai materi “KONSEP & IMPLEMENTASI”, yang ditulis oleh Budi Santosa dapat diperoleh kesimpulan bahwa materi tersebut memberikan konsep penting mengenai suatu kerangka proyek dan pemahaman masalah proyek tersebut. Mulai dari siklus hidup proyek, organisasi proyek dan tim proyek. Budi  juga mengatakan manajemen proyek kini merupakan sebuah keharusan bukan lagi sekedar pilihan karena ini sangat penting dalam mengembangkan produk proyek tersebut.

  1. PENUTUP

Dari hasil review buku tersebut dapat disimpulkan bahwa Siklus Hidup Produk adalah konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk. Sedangkan organisasi proyek yaitu dibutuhkan untuk memastikan bahwa pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang efisien,tepat waktu dan sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Tim Proyek adalah pjocet team yaitu yang terdiri atas beberapa oarang yang memiliki berbagai macam keahlian dan dibentuk untuk meneliti rencana baru.

  1. SARAN
Berdasarkan kesimpulan diatas presensi dapat menyarankan :
Untuk memperoleh pengetahuan dan melakukan riset lebih lanjut untuk menjelaskan atau mendapatkan cara yang lebih ringkas dalam memperhatikan manajemen proyek yaitu dalam membuat proyek harus lebih mementingkan unsur didalam produk tersebut agar lebih efisien seperti yang diungkapkan dalam pembahasan diatas. Dan yang terpenting adalah manajemen proyek sebagai suatu proses reflektif atau saling bergantung antara bagian-bagiannya.

DAFTAR REFERENSI
Santosa, Budi. 2009. Manajemen Proyek : Konsep dan implementasi,yogyakarta;Graha Ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar