Sabtu, 11 Maret 2017

Interaksi Manusia dan Komputer Beserta Bidang Ilmu dasar dan Prinsip yang Terkait

Interaksi Manusia dan Komputer Beserta Bidang Ilmu dasar dan Prinsip yang Terkait
Interaksi Manusia-Komputer (IMK) adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait(Hewett, et al., 1992, 1996). Sedangkan interaksi manusia dan komputer itu sendiri ialah serangkaian proses, dialog serta  kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.
Interaksi manusia dan komputer adalah suatu cara bagaimana manusia dapat dengan mudah berinteraksi dengan komputer dengan media tertentu. Interaksi dimaksudkan untuk mempermudah pekerjaan, menghemat waktu pekerjaan, menghemat biaya, dan sebagainya. Interaksi manusia dengan komputer menjadikan manusia sebagai pengguna dan komputer sebagai alat yang dapat di operasikan sesuai dengan program tertentu yang sudah tertanam didalamnya, dan dengan aturan-aturan dan batasan-batasan tertentu.
Beberapa bidang ilmu dasar pada interaksi manusia dan komputer antara lain:
  • Ilmu Komputer
Membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa/perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
  • Psikologi
Membahas tentang penerapan teori proses kognitif dan analisis empiris tentang perilaku pengguna.
  • Antropologi dan Sosiologi
Membahas tentang interaksi antara teknologi, kerja, dan organisasi. Sosiologi berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia dengan komputer dalam struktur sosial. Interaksi manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi yang semakin canggih dan modern.
  • Perancangan Grafis dan Tipografi
Grafis dapat menjadikan sarana untuk berinteraksi. Gambar pada komputer dapat membuat pengguna berinteraksi dengan komputer tersebut dengan melihat gambar-gambar icon dan sebagainya. Semakin ahli dalam merancang dan membuat grafik yang menarik, semakin berhasil alat itu untuk berinteraksi dengan manusia. dengan grafik yang baik dapat memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.
  • Teknik Elektronika
Perangkat elektronika adalah perangkat yang digunakan untuk komponen dalam pembuatan komputer yang digunakan untuk berinteraksi. Perangkat keras dibuat dengan teknik elektronika. Perangkat keras sangat berpengaruh dalam interaksi manusia dengan komputer, yaitu sebagai komponen pembuat alat.
  • Ergonomik
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Kenyamanan pada tempat kerja sangat berpengaruh terhadap pekerjaan seseorang. Kebersihan, kerapian, tata letak meja, bentuk meja, tata letak kursi, bahan dari kursi, dan beberapa aspek lainnya sangat berpengaruh pada kenyamanan.
  • Linguistik
Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa. Grafik yang menarik dan mudah di pahami digunakan sebagai pengganti bahasa manusia, menjadi bahasa komputer. Pada saat menggunakan komputer seolah-olah sedang berinteraksi atau berdialog dengan komputer tersebut.
  • Perancangan Industri
Industri perancangan teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat. Dahulu jika seseorang menggunakan komputer harus digerakkan menggunakan hardware seperti mouse dan keyboard. Pada saat ini perkembangan teknologi telah berkembang, layar sentuh menjadi pilihan berikutnya. Tanpa harus menggunakan mouse dan keyboard pengguna komputer dapat langsung berkomunikasi dengan komputer dengan menyentuh layar saja. Perkembangan telepon genggam pun mengalami perkembangan, dari yang menggunakan keypad, lalu sebagai penunjuk pointer menggunakan trackball/trackpad, dan pada saat ini sudah menggunakan layar sentuh yang digunakan untuk inputan nya. Tidak memerlukan keypad/tombol untuk melakukan inputan, namun hanya dengan menyentuh saja sudah dapat menjalankan smartphone sesuai dengan keinginan kita. Hal tersebut sangat membantu seseorang dalam mengoperasikan komputer untuk berinteraksi.
Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat lunak untuk mendapatkan predikat "ramah dengan penguna" adalah bahwa perangkat lunak tersebut mempunyai antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan pengguna selalu merasa senang untuk menggunakannya. Pembuatan antarmuka yang ramah bagi pengguna sangat sulit dibuat. Pembuatan antarmuka harus memperhatikan "kebiasaan" para pengguna yang sudah menjadi "kebiasaan". Seperti contoh ikon "Close/keluar" mayoritas dibuat pada posisi bagian pojok kanan atas, dan berwarna merah. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan, bila tombol/ikon tersebut dipindahkan pasti akan menyulitkan para pengguna untuk berinteraksi. Pemilihan warna juga harus diperhatikan agar mendapat grafik yang baik dan ramah bagi pengguna. Setiap warna memiliki arti tersendiri yang harus dipelajari dan dipahami oleh pembuat antarmuka. Semua yang dibuat oleh pembuat antarmuka harus diperhatikan secara detil agar mendapatkan hasil yang terbaik. Antarmuka harus mempunyai kinerja yang ketat untuk meyakinkan bahwa tidak terjadi keterlambatan antara tindakan pengguna dengan tanggapan sistem.
Bagian antarmuka berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer yang menjalankan program tersebut. Bagian aplikasi merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data menggunakan suatu algoritma tertentu. Bagian antarmuka lebih banyak berurusan dengan cara penyajian informasi yang semudah dan semenarik mungkin. untuk dapat memahami cara kerja interaksi manusia dengan komputer maka kita perlu membuat semacam model sistem pengolahan pada manusia dan komputer. Komputer dan manusia masing-masing mempunyai piranti masukan, sistem pengolah, dan piranti keluaran. Siklus interaktif dimulai oleh manusia yang menggunakan piranti masukan pada sebuah sistem komputer. keluaran dari komputer akan dipantau oleh sensor-sensor di dalam diri pengguna untuk dilewatkan ke sistem pengolah kognitif yang ada di dalam diri manusia. Keluaran dari sistem ini adalah tanggapan terhadap apa yang terlihat pada layar tampilan.

Daftar Pustaka
Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer Edisi2. Yogyakarta:C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar